WASPADA!!! Modus penipuan via ATM!

Pengalaman pribadi saya pagi ini..

Pagi ini saya mau ambil uang di ATM Alfa Midi dekat rumah saya. Saya lihat layarnya "Mesin tidak beroperasi".

Kebetulan beberapa ruko disebelahnya ada Indomaret yang juga ada ATM BCA nya. Jadi saya jalan kesana.

Pada saat saya sampai di depan ATM ada 2 orang bapak-bapak di dekat ATM itu.

Yang satu sedang melihat2 ice cream dan yang satu sedang menggunakan ATM BCA yang ada disitu.

Saya antri dibelakangnya. Melihat ada saya mengantri dia mengeluarkan kartu ATM-nya dan berdiri di sebelah kulkas tempat minuman2.

"Oh.. mungkin transaksinya banyak jadi ga enak kalo lama2 saya antri" pikir saya.

Saya senyum sama bapak itu lalu mulai transaksi.

Penipuan Berkedok Via ATM

Pas saya mau masukkan kartu ATM saya.. kok susah banget seperti ada yang mengganjal.

Lalu Bapak itu berpura2 membantu dengan memberikan contoh pakai kartu ATM dia "begini loh mba caranya pelan2"
Lalu kartunya dia keluarkan lagi.

Saya coba masukkan kartu ATM saya.. karena tidak bisa masuk2, Bapak2 itu mau coba bantu "Coba mba saya bantu".

Dia masukkan kartu saya lalu 'nyangkut' ga masuk2 banget masih kelihatan kartunya tapi dikeluarin juga sudah ga bisa.

Tiba2 layar berubah putih dan muncul tulisan yang persis ada di ATM Alfa Midi yang pertama kali saya datangi.

Dan bapak2 yang dari tadi lihat2 ice cream menghampiri saya lalu bilang "mba, coba di-reset saja supaya kartu ATM nya keluar. Caranya pencet ENTER yang lama lalu input PIN nya mba".

Saya langsung curiga.. mana ada cara keluarin kartu pake input pin.. ada juga pencet2 tombol CANCEL.

Saya bilang sama bapak2 itu "tidak pak, makasih.. saya mau telpon Halo BCA saja".

Melihat saya tidak berhasil ditipu kedua bapak-bapak tadi kabur barengan.

Saya lihat kartu saya ga tertelan mesin. Masih nongol tapi ga bisa ditarik. Pakai pinset juga tidak bisa.
Bisa dilihat digambar. Diujung lubang tempat masukkan kartu itu ada benda kuning2 yang mengganjal.

Sebagai pengalaman lain kali kalau kartu sudah sulit dimasukkan lebih baik pindah mesin ATM lain saja.

Waspadalah terhadap segala macam bentuk kejahatan!

Please share ke keluarga dan teman2 kita untuk mengingatkan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts